Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Workout

Efektifkah berolahraga dengan aplikasi workout? Ada beragam kelebihan serta kekurangan yang bisa Anda dapatkan darinya, seperti : 

Kelebihan menggunakan aplikasi workout 

Berikut adalah beberapa kelebihan atau nilai plus yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi olahraga, di antaranya : 

  • Lebih menyenangkan dan termotivasi 

Dalam aplikasi olahraga ada beragam fitur menarik yang disajikannya. Seperti halnya alunan nada yang membuat olahraga menjadi lebih semangat atau bahkan alunan musik yang dapat didengarkan dengan tenang sehingga membantu proses meditasi dengan lebih fokus. Selain itu, ada pula aplikasi yang mencatat perubahan pada diri Anda yang tentunya akan membuat Anda lebih termotivasi dalam berolahraga. 

  • Komprehensif 

Jika Anda merasa bosan dengan jenis olahraga yang itu-itu saja. Dalam aplikasi olahraga atau workout ada beragam jenis olahraga yang dapat Anda ikuti sesuai dengan tingkat kebutuhan. Misalkan olahraga jogging untuk kesehatan kardio. Olahraga yoga untuk menjaga ketenangan dan memaksimalkan fungsi otak dan melepaskan penat, juga pilihan jenis olahraga lainnya. 

  • Adanya feedback

Berbeda dengan kegiatan olahraga yang dilakukan secara langsung. Dengan menggunakan aplikasi Anda juga bisa mendapatkan feedback sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Fitur ini dapat membantu Anda dalam melihat perubahan yang telah Anda raih. Selain itu, melalui feedback Anda juga dapat mengatur kegiatan olahraga selanjutnya yang akan dilakukan, kemudian menu makanan sehat dan lainnya. 

Kekurangan menggunakan aplikasi workout

Selain beberapa kelebihan di bagian atas tadi, ada juga nilai minus yang diberikan oleh aplikasi workout atau olahraga, seperti halnya : 

  • Tidak personal 

Karena olahraga yang Anda ikuti menggunakan aturan dalam aplikasi, maka olahraga yang dilakukan pun tentunya memiliki pengaturan yang lebih general. Dengan kata lain, jenis olahraga yang dilakukan terkadang tidak sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Hal ini dikarenakan tidak adanya hubungan yang lebih personal dan mendetail.

  • Terpatok kuantitas 

Dalam penggunaan aplikasi umumnya olahraga yang dilakukan lebih terpatok pada segi kuantitas, seperti halnya pada jumlah jarak lari yang telah dicapai, berat badan yang telah berkurang, jumlah nutrisi dari menu makanan yang dikonsumsi dan lainnya. Hal tersebut memang dapat memotivasi Anda untuk melakukan pola hidup dengan lebih baik. Namun terkadang cara tersebut tidak cocok untuk dilakukan beberapa orang lainya. 

Demikianlah kiranya kelebihan serta kekurangan dari penggunaan aplikasi workout.