Les Pelajaran IB di Indonesia yang Saling Melengkapi dengan Kurikulum Nasional

Berbicara mengenai sekolah internasional, berarti berbicara mengenai sebuah sekolah dengan kurikulum internasional yang diakui di seluruh dunia. Salah satu kurikulum internasional yang sudah terbukti adalah kurikulum yang berasal dari International Baccalaureate. Dengan ketenarannya, akhirnya banyak jiwa-jiwa yang terpanggil untuk mendirikan les pelajaran IB guna membantu para siswa.

Antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum IB

Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekolah-sekolah yang mengadopsi kurikulum garapan IB. Dengan adanya kurikulum ini, akhirnya terjadilah perbandingan antara kurikulum tersebut dengan kurikulum nasional Indonesia.

Banyak orang yang kemudian membandingkan bahwa kurikulum nasional itu lebih berpusat pada aspek pengetahuan, sedangkan kurikulum IB lebih menekankan pada pemahaman konsep. Hal ini kemudian menyebabkan kesulitan bagi beberapa siswa yang bermigrasi dari salah satu kurikulum tersebut menuju kurikulum yang satunya lagi.

Akibat dari ketimpangan tersebut, akhirnya ada beberapa tempat les pelajaran IB di Indonesia yang didirikan sebagai wadah bagi siswa yang berpindah kurikulum. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa siswa yang sejak awal menggunakan kurikulum IB, tetap bisa mengikuti les pelajaran IB tersebut.

Les Pelajaran IB di Indonesia

Tahun 1978 merupakan waktu saat Indonesia pertama kalinya menggunakan program-program yang berasal dari kurikulum IB. Bertahun-tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 2017, sudah ada sebanyak 52 sekolahan di Indonesia yang menggunakan program tersebut.

Ke-52 sekolah tersebut tersebar dari Sumatera Utara sampai Papua Barat. Dengan kata lain, ada di hampir setiap daerah. Dengan demikian, siapa saja bisa mencari les pelajaran IB terdekat sesuai daerahnya masing-masing.

Adanya les pelajaran IB di berbagai daerah di Indonesia ini bukan tanpa alasan. Agaknya, hal ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pemahaman dari para siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Memang, jika waktu yang ada di sekolah tidak cukup untuk menggeluti pelajaran tersebut, maka salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah mengikuti les. Tetapi tentunya dengan rekomendasi les pelajaran IB yang berkualitas dan sudah terbukti kredibilitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *