Kenali LPS dengan Mudah

Salah satu faktor yang harus diperhatikan ketika memilih bank untuk penyimpanan uang atau transaksi lain yakni memastikan bahwa bank tersebut merupakan peserta LPS. Biasanya bank yang menjadi anggota peserta jaminan LPS akan memiliki tulisan “Bank peserta penjaminan LPS”. Hal ini juga sebenarnya bisa membuat nasabah menjadi tenang karena akan ada pihak yang akan melindungi dari kemungkinan bank yang bisa saja mengalami kebangkrutan. Selain itu lps juga menentukan bunga lps saat ini yang berguna untuk menentukan apakah nantinya simpanan anda bisa diklaim atau tidak. 

Definisi Lembaga Penjamin Simpanan

Sebenarnya apa itu LPS? LPS merupakan lembaga independen yang didirikan oleh pemerintah berdasarkan Undang – Undang No. 24 / 2004 yang memiliki fungsi untuk mengatur serta menjamin simpanan yang dimiliki oleh para nasabah perbankan di Indonesia. Besaran nilai simpanan yang dijamin oleh LPS adalah 2 Milyar rupiah. Namun tidak semua simpanan bisa mendapatkan jaminan dari LPS, ada beberapa syarat yang ditetapkan agar simpanan yang anda miliki bisa dijamin oleh pihak LPS. Syarat tersebut yakni simpanan yang dimiliki oleh nasabah tersimpan di pembukuan bank bersangkutan. Syarat kedua yakni tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga lps saat ini, nah untuk saat ini besaran bunga LPS untuk bank umum dalam simpanan rupiah sebesar 5.00%, simpanan valas sebesar 1.25%, suku bunga yang ditetapkan untuk BPR untuk simpanan rupiah sebesar 7.50%. Syarat keempat tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan bank. 

Mengapa LPS bisa terbentuk? Sebenarnya hal ini ada hubungannya dengan krisis moneter yang melanda Indonesia di tahun 1998. Pada tahun 1998 banyak bank yang mengalami likuiditas oleh karena itu simpanan nasabah pun terombang – ambing nasibnya hingga pihak bank mengeluarkan blanket guarantee yang berfungsi untuk menjamin nasabah. Namun ternyata blanket guarantee juga menimbulkan risiko oleh karena itu dibentuklah sebuah lembaga independen yang mengurusi tentang sistem jaminan simpanan dari nasabah. Jadi, sekarang tidak perlu lagi jika ingin menyimpan uang di bank. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *