Perbedaan Genset Silent dan Open

Generator listrik bisa dikatakan mesin yang paling banyak berperan penting Ketika terjadi pemadaman listrik. Sebagai salah satu komponen penting untuk kebutuhan sehari-hari banyak orang mencari mesin ini untuk membantu menjalankan aktivitas Ketika mati listrik. Sebelum anda memutuskan membeli genset, anda perlu memperhatikan tipe dari genset. Karena di pasaran sekarang terdapat 2 tipe genset yang dipasarkan yaitu genset silent dan open. Kedua tipe genset ini memang memiliki peran yang sama yakni untuk menghasilkan listrik Ketika listrik mengalami masalah atau gangguan. Lalu, apa yang membedakan antara keduanya. Berikut adalah perbedaan antara generator listrik (genset) silent dan open.

Genset silent

Kenapa di sebut genset silent karena genset ini tidak menimbulkan suara bising. Jadi, genset ini sangat cocok bila ditempatkan di tempat yang terbuka. Ciri lain dari genset diantaranya :

  • Genset silent dilengkapi dengan canopy atau rumah genset sehingga suara yang dihasilkan mesin genset tidak terlalu berisik dan dapat diredakan. Tidak hanya berguna untuk meredakan suara canopy ini juga berfungsi untuk pelindung genset dari terik matahari dan hujan
  • Canopy terbuat dari lapisan plat besi dan busa peredam suara sehingga proses peredaman suara sangat baik
  • Dilengkapi dengan sistem knock down dan juga terdapat pintu akses untuk membongkar bagian dalam genset, jadi, bila terjadi kerusakan atau hanya untuk perawatan bisa dibuka dengan mudah. 

Genset Open

Memang dari harga genset open lebih murah ketimbang genset silent. Namun, dilihat dari segi performa yang diberikan tidak jauh berbeda. Biasanya genset open digunakan bila anda memiliki ruang khusus untuk penempatan genset ini karena suara mesin dari genset masih jelas terdengar. Berikut adalah ciri dari genset open.

  • Generator listrik ini tidak dilengkapi dengan canopy dan masih terbuka. Dengan kondisi terbuka seperti jadi perawatnya pun cukup mudah karena proses bongkar pasangnya lebih mudah
  • Genset open dilengkapi dengan fitur panel genset manual dan digital sehingga anda dengan mudah memantau kinerja mesin
  • Kapasitas yang tersedia mulai dari 10 KVA sampai 2000 KVA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *