Macam-macam Alat Cek Kesuburan

Memiliki seorang anak memang sangat menyenangkan dan menjadi impian dari sebagian besar orang. Menimang anak yang imut dan lucu, mengajarkan anak berperilaku dan  berbicara baik, mengantar sekolah, memilihkan baju yang cantik, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua orang bisa memiliki anak dengan jangka waktu yang cepat. Oleh karena itu Anda membutuhkan alat cek kesuburan.

Macam Alat Cek Kesuburan

Ada beberapa faktor penyebabnya bisa karena kelainan, penyakit, dan hubungan seksual yang tidak tepat waktu. Wanita hanya bisa hamil jika mereka sedang berada di fase subur yang mana hanya terjadi sekitar 5 harian saja. Yang mana sel telur hanya bisa dibuahi dalam jangka waktu 12 sampai 24 jam saja di puncak masa subur. Setelah itu? Sangat kecil kemungkinan bisa hamil. Ada beberapa alat cek kesuburan yang bisa Anda gunakan untuk memastikan apakah Anda sedang di fase subur atau tidak, yaitu:

  • Kalender

Yang pertama adalah dengan menggunakan kalender. Cara ini dapat digunakan oleh Anda yang memiliki siklus menstruasi teratur dengan menentukan pada hari 12 sampai 14 yang dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir.

  • Aplikasi di Ponsel Pintar

Alat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi di ponsel pintar. Konsepnya sama dengan menggunakan kalender akan tetapi Anda tidak perlu menghitungnya secara manual bahkan juga disediakan suatu pengingat otomatis bagi Anda ketika sudah memasuki usia subur.

  • Termometer

Yang lebih akurat dari kedua cara di atas adalah dengan menggunakan termometer. Termometer ini sangat berguna untuk mengukur suhu basal di mana ketika seorang wanita ketika mengalami ovulasi suhunya akan mencapai suhu yang tertinggi. Namun, perlu dipastikan Anda tidak sedang mengalami penyakit yang menyebabkan tubuh menjadi panas.

  • Tangan dan Penglihatan

Dan yang lebih akurat lagi, belum banyak diketahui banyak orang adalah dengan tangan dan penglihatan Anda sendiri. Anda bisa mengeceknya melalui lendir serviks. Pegang saja dan coba ambil, lalu lihat ketika lendir tersebut ditarik. Jika tidak putus maka Anda sedang subur.

  • Alat Tes Khusus untuk Mengecek Ovulasi

Dan yang terakhir adalah alat tes khusus yang bentuknya sangat mirip dengan alat tes kehamilan yang berbentuk strip. Alat uang satu ini mendeteksi adanya LH atau Luteinizing hormon yang diproduksi secara signifikan saat sebelum pelepasan sel telur atau ovulasi. Alat ini dinilai lebih efektif dan lebih mudah dibanding beberapa alat di atas.

Jika Anda berada di dalam masa subur maka Anda bisa melakukan hubungan seksual dan juga mempersiapkan kesehatan fisik sebelumnya. Anda bisa memilih beberapa alat cek kesuburan di atas sesuai dengan keadaan dan juga kebutuhan Anda. Semoga Anda dan pasangan segera mendapatkan kepercayaan untuk bisa memiliki buah hati yang lucu dan membanggakan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *