Mengandalkan Chat E-Commerce hingga Belanja Lewat Handphone, Inilah Tren Belanja Online di Indonesia

Pengguna internet di Indonesia terus mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Salah satu dampaknya adalah dengan meningkatnya aktivitas belanja online & chat e-commerce. Tak mengherankan jika bisnis online di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu pesat. Bahkan tingkat penjualan online pun turut meningkat seiring berjalannya waktu. 

Bagi Anda pelaku bisnis online, selain mengetahui strategi digital marketing Anda juga harus tahu tren perilaku belanja online di Indonesia. Dengan melihat tren yang berkembang, Anda bisa menentukan langkah-langkah jitu untuk melakukan pemasaran digital di kemudian hari. 

Mengandalkan Chat E-Commerce

Faktanya, online shopper di Indonesia lebih mengandalkan chat e-commerce sebelum membeli produk ataupun menggunakan jasa. Bahkan menurut riset yang dilakukan Facebook and Boston Consulting Group, sebanyak 91% responden mengambil tindakan belanja online setelah melakukan komunikasi melalui chat. 

Kecenderungan ini bukan tanpa alasan. Pasalnya informasi seputar produk bisa didapatkan secara detail setelah melakukan percakapan melalui chat. Fakta tersebut membuktikan bahwa chat e-commerce adalah elemen penting untuk mengembangkan bisnis online Anda.

Lebih Menyukai Pembayaran Elektronik

Tren berikutnya adalah lebih menyukai pembayaran elektronik. Selain bertransaksi dengan kartu kredit, konsumen cenderung melakukan transaksi dengan e-wallet. Selain melakukan pembelian secara online, masyarakat juga cenderung melakukan pembayaran tagihan secara online. 

Tak mengherankan jika pembayaran elektronik lebih dipilih oleh banyak orang. Sebab dengan metode pembayaran online, konsumen dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun dengan mudah dan cepat. 

Pengalaman Berbelanja Adalah Faktor Penting

Selain mengandalkan chat e-commerce dan memperhatikan harga produk, pengalaman berbelanja adalah faktor penting bagi online shopper. Tidak sedikit konsumen yang beralih ke kompetitor karena tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Jika hal ini terjadi, bukannya omzet meningkat, yang ada justru Anda kehilangan konsumen. 

Selain itu, demi mendapatkan pelayanan yang memuaskan, konsumen tidak segan-segan untuk merogoh kantong lebih dalam. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang memuaskan untuk konsumen Anda. Salah satunya adalah dengan tanggapan ramah Anda dalam menjawab pertanyaan konsumen.

Produk Fashion Masih Tinggi Peminat

Nampaknya sangat sulit menggoyahkan dominasi produk fashion pada bisnis online. Bukannya meredup, produk fashion justru memiliki peminat yang terus meningkat. Hal ini tak lepas dari perkembangan dunia fashion yang semakin bervariasi dari waktu ke waktu. 

Melihat 4 tren online shopper di atas bisa disimpulkan bahwa chat e-commerce adalah kunci dari bisnis online. Semakin maksimal pelayanan Anda melalui chat commerce, maka semakin memuaskan pula pelayanan yang didapat oleh konsumen. 

Pelayanan maksimal inilah yang akhirnya menciptakan pengalaman berbelanja yang memuaskan dan mendorong terjadi transaksi. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana pelayanan Anda dapat menumbuhkan kesetiaan konsumen terhadap produk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *