Ada Scope hingga Strip, Ini Dia Beberapa Jenis Alat Tes Ovulasi

Dengan mengetahui kapan masa subur maka akan mempermudah dalam merencanakan kehamilan. Maka untuk mempermudah hal tersebut, saat ini sudah banyak alat tes untuk mencari tahu kapan masa subur atau yang dikenal juga dengan alat tes ovulasi (tes kesuburan). Berikut ini jenis alat tes yang bisa memprediksi kapan masa subur anda.

Scope

Alat tes kesuburan yang ini bernama scope. Scope merupakan salah satu tes kesuburan dengan menggunakan media tes berupa air liur. Sehingga penggunaannya lebih praktis dibandingkan dengan alat tes jenis compact maupun strip. Selain itu, anda pun bisa menggunakan alat ini berulang-ulang kali. Hanya perlu membersihkannya menggunakan lap lalu scope bisa digunakan kembali.

Lalu bagaimana cara membaca hasil dari alat tes ini?. Mudah saja. Dimana dalam  tes ini terdapat dua kemungkinan, yaitu masa subur atau masa tidak subur. Bagaimana cara membedakannya?.  Apabila terdapat pola-pola kecil yang berbentuk seperti daun pakis yang muncul pada titik juga garis, hal ini menandakan ovulasi dapat terjadi di rentang waktu tiga bahkan hingga empat hari pembuahan. Jika pola daun pakis yang terbentuk terlihat dominan maka ovulasi telah atau segera terjadi.

Compact

Alat tes ovulasi selanjutnya yakni berjenis compact. Kelebihan alat tes yang satu ini ialah dapat mendeteksi dua jenis hormon yang mempengaruhi sistem reproduksi yaitu hormon LH dan hormone estrogen. Oleh karenanya alat tes yang satu ini dapat mendeteksi kapan waktu masa subur dengan lebih detail dan tepat dibandingkan jenis yang lain.

Strip

Alat tes kesuburan selanjutnya yakni berjenis strip. Strip ini dapat menentukan masa subur atau tidak dengan mendeteksi kenaikan hormon LH.  Alat tes jenis ini banyak digunakan oleh para wanita.

Demikian itulah penjelasan mengenai berbagai jenis alat tes ovulasi. Apabila anda ingin mengecek waktu subur anda, maka ada baiknya anda mempertimbangkan dari ketiga jenis alat tes diatas. Kenalilah terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari masing-masing alat tes agar dapat menemukan alat yang pas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *